31/Mei/2022

Kepala Desa Sebuduh Usman Pulin dan Sekdes Desa Sebuduh Nies, S.Pd.K Berkunjung ke Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sanggau, dalam hal koordinasi terkait dengan pembentukan PPID Desa, PPID (Pejabat Pengelolah Informasi dan Dokumentasi).

Maksud dan tujuan di bentuknya PPID Desa ini merupakan salah satu wujud dalam mendukung keterbukaan informasi di tingkat desa guna melaksanakan amanat Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik UU No.14 Tahun 2018.

Pilo, SE selaku Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Muda Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sanggau juga menyampaikan tujuan dibentuknya PPID Desa merupakan wujud transparasi dalam keterbukaan informasi publik, namun ada informasi-informasi tertentu atau dikecualikan yang tidak di publikasikan di website, tetapi informasi tersebut tersedia.

PPID juga harus bisa menyampaikan informasi berkaitan dengan pembangunan di desa, serta PPID juga menyediakan alur permohon informasi yang terstruktur. Intinya bahwa ketika informasi tidak tersampaikan atau ketika ada pemohon informasi tidak mendapat respon selama 30 hari kerja dapat mengurus sengketa informasi,  harapannya tidak muncul sengketa informasi di desa-desa,” jelasnya.

Pilo juga mengatakan yang dimaksud Informasi Publik Desa adalah informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim dan diterima oleh Pemerintah Desa yang berkaitan dengan penyelenggaraan negara atau Badan Publik Desa.

“Beberapa manfaat keterbukaan informasi bagi pemerintah desa adalah untuk mewujudkan pelayanan pemerintah dan transparansi anggaran serta membentuk opini publik melalui informasi yang tepat, akurat dan dapat di pertanggung jawabkan. Keterbukaan informasi merupakan syarat terwujudnya transparansi publik. Dengan adanya PPID Desa, dapat membantu membangun kepercayaan publik terhadap kinerja dari pemerintah desa.

Pilo juga berharap PPID Desa dapat terwujud dan desa dapat membuat struktur pengurus PPID Desa selanjutnya supaya pembuatan SK PPID dapat di bentuk.