Prosedur Permohonan Informasi Publik

Untuk mengajukan permohonan informasi publik PPID Pemerintah Kabupaten Sanggau, pemohon harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. Permohonan Informasi Publik dapat dilakukan dengan mengisi formulir online melalui situs: https://ppid.sanggau.go.id/permohonan-informasi/ atau secara offline dengan mengunjungi kantor PPID di alamat Jalan Jenderal Sudirman No. 10 Kabupaten Sanggau.
  2. Pemohon wajib menyertakan Identitas Pemohon yang sah, yaitu:
    • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk, Paspor atau identitas lain yang sah yang dapat membuktikan Pemohon adalah Warga Negara Indonesia; atau
    • Fotokopi lembar pertama dan lembar terakhir Anggaran dasar yang telah disahkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia dan telah tercatat di Berita Negara Republik Indonesia (dalam hal Pemohon adalah Badan Hukum); atau
    • Surat kuasa dan fotokopi Kartu Tanda Penduduk pemberi kuasa dalam hal Pemohon mewakili kelompok orang; atau
    • Dalam hal Pemohon didampingi atau diwakili oleh kuasa, Permohonan harus disertai dengan surat kuasa.
  1. Petugas PPID akan mencatat/meregistrasi dan memeriksa kelengkapan berkas permohonan informasi publik.
  2. Jika berkas pemohon lengkap, maka PPID Pemkab Sanggau kan memproses pemberitahuan tertulis tentang jawaban informasi publik. PPID Pemkab Sanggau akan memberikan pemberitahuan tertulis yang merupakan jawaban paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja sejak permohonan diterima.
  3. Jika berkas tidak lengkap, maka Petugas PPID akan meminta kelengkapan data kepada pemohon dengan mengirim surat permohonan kelengkapan data (paling lambat 3 hari kerja).
  4. Jika informasi belum dikusai/didokumentasikan, maka PPID Pemkab Sanggau dapat menyampaikan kepada pemohon perihal perpanjangan waktu jawaban informasi publik paling lambat 7 hari kerja sejak jatuh tempo pemberitahuan tertulis dan tidak dapat diperpanjang.
  5. Jika pemohon puas dengan pemberitahuan tertulis/jawaban informasi publik, makan pelayanan informasi publik selesai. Jika pemohon tidak puas, maka pemohon berhak mengajukan keberatan informasi.